Minggu, 28 Desember 2014

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Edit Posted by with No comments
Kenali lebih dekat yuuuck tanaman yang ada disekitar kita, di artikel lalu sudah kita bahas tentenga Manfaat Belimbing Wuluh alias belimbing sayur, nah sekarang giliran Buah Belimbing yang akan kita korek, apa bedanya ea...?


Belimbing merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Indonesia. Bentuknya sangat unik, jika dipotong potong akan terlihat seperti bintang dalam bahasa inggris disebut "star fruit" keren kan. Pohon dapat tumbuh tinggi dan besar, daunnya kecil kecil serta bunganya berwarna pink cantik. Saat buah masih mentah warnanya hijau dan berubah kuning setelah masak. Yang tinggal didesa tak sulit menemukan tanaman ini termasuk dirumahku dulu ada 4 pohon belimbing dan sekarang hanya tinggal 1 pohon.

Selain enak dimakan langsung, belimbing juga bisa di buat jus, paling sering di buat rujak karena rasa asemnya.
Tak kalah dengan buah yang lainnya Belimbing juga mempunyai banyak manfaat. Rasanya manis sedikit asam. Memiliki kandungan zat zat yang diperlukan oleh tubuh seperti kardohidrat, serat, protein, lemak, vitamin C, E, B6, kalsium, fosfor dan zat besi. Zat-zat tersebut berperan penting untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut manfaat belimbing untuk kesehatan:
  1. Mengobati Batuk pada anak anak. Karena mengandung antipiretik dan ekspektoran yang mampu mengatasi batuk.
  2. Mengobati Sariawan dan Gusi berdarah, kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat mengobati sariawan, bibir pecah pecah dan gusi berdarah
  3. Membantu Meringankan Berat Badan. Cocok untuk yang sedang diet karena pectin yang terkandung dalam buah bisa membantu menghancurkan kalori. Sediakan buah ini dalam menu harian Anda.
  4. Mengatasi Jerawat. Memiliki kandungan zink yang berperan menagkal pertumbuhan jerawat dikulit.
  5. Menyehatkan Pencernaan. kandungan serat dalam belimbing dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan mengatasi sembelit.
  6. Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terstroke dan penyakit jantung.
  7. Mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi dapat menutrisi rambut dan kulit kepala untuk mencegah dan mengatasi kerontokan
  8. Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis
Sudah tahu kan sahabat tentang kandungan dan manfaat belimbing. Tak susah untuk menemukannya di pasar atau ditoko buah sudah banyak yang menjual belimbing manis yang harganya sangat dan sangat terjangkau.

Untuk penderita diabetes, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing, karena belimbing mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi.

Selamat mencoba...Semoga bermanfaat... :)
Gambar : wikipedia

 

0 komentar:

Posting Komentar