Jumat, 09 Januari 2015

Daun Singkong Murah Kaya Manfaat

Edit Posted by with No comments

Semua pasti sudah kenal dengan yang namanya ubi kayu, ketela pohon, singkong, atau kalau di jawa sering disebut pohung dan mungkin punya sebutan lain diberbagai daerah. Mendengar nama tersebut apa yang terlintas dibenak Anda..? pasti keripik singkong, singkong keju, singkong bakar dan berbagai macam makanan yang terbuat dari singkong. Yaaah tanaman nie sangat bermanfaat mulai dari akar, batang dan daunnya. Disini kita akan kupas tentang daunnya.

Diseluruh Indonesia pasti terdapat tanaman ini. Penanamanya sangat mudah, tinggal di potong-potong batangnya lalu ditancepin ke tanah udah tumbuh sendiri. Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari oleh para ibu-ibu yang gemar memasak. Yang dirumahnya terdapat kebun atau pekarangan jangan lupa untuk menanam singkong, jika ingin makan sayur singkong tinggal petik dah. Selain harganya murah, serta mudah didapat rasanya juga enak dan bisa disajikan menjadi berbagai menu makanan, bisa disayur, ditumis, buat lalapan, urapan, rolade, masih banyak lagi. Daun singkong juga menjadi salah satu sajian menu andalan di Rumah Makan Padang, Anda pernah mencoba..?

Tidak hanya berfungsi sebagai sayuran saja, daun singkong juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Didalamnya terdapat zat yang diperlukan oleh tubuh. Kita intip yuck apa saja yang terkandung didalah daun-daun singkong.

Tarraaaaaaaaaa....
  • Zat Besi
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin ( A, B17, C )
  • Hidrat Arang
  • Fosfor
  • Kalori
  • Kalsium
Banyak sekali bukan, tidak salah jika daun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Daun Singkong

Mencegah Stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya. Daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan ini yang dimanfaatkan untuk mencegah serta mengatasi penyakit stroke

Meningkatkan Daya Tubuh
Kandungan vitamin C daun singkong yang cukup banyak, membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Konsumsi daun singkong dengan berbagai jenis olahan makanan, akan membantu terhindar dari penyakit ringan. Jangan lupa diimbangi pula dengan makanan sehat yang lainnya.

Mencegah Tulang Keropos
Memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang.

Menyehatkan Mata
Daun singkong memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Jenis vitamin A adalah vitamin yang berfungsi untuk kesehatan mata. Bisa dikonsumsi menurut selera masing-masing.

Mengatasi Sakit Kepala
Caranya konsumsilah daun ini, bisa direbus lalu dibuat lalapan atau disayur. Jangan menambahkan santan pada olahan daun singkong, biasanay kebanyakan santan bisa membuat kepala pusing

Mencegah Penuaan
Jika ingin mendapatkan wajah muda dan segar, konsumsilah daun singkong. Selain murah juga alamai, tidak perlu dengan operasi plastik. Bisa dmasak menjadi olahan makanan, bisa juga direbus dan diminum air nya.

Manfaat Lain
Mengobati reumatik, mengobati diare, mengobati flu. Caranya dengan mengkonsumsi daun singkong secara teratur, jika tidak suka masakan daun singkong, bisa direbus dan diminum air rebusannya bisa ditambahkan madu asli atau jeruk nipis.

Naaaaah....sudah tahu kan manfaat dari daun singkong, jangan suka sama singkongnya saja ea daunnya juga mempunyai banyak khasiat. Yang belum pernah mencoba atau tidak suka daun singkong mulailah mencoba masakan daun singkong. Tidak kalah enak dengan sayur sayur yang lainnya.

Semoga Bermanfaat... :)

Dikutip dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar