Kamis, 01 Januari 2015

Manfaat Daun Salam

Edit Posted by with No comments
Semua ibu rumah tangga dan yang sering jalan jalan kedapur atau ngobrak abrik dapur (memasak maksudnya) pasti sudah kenal dengan daun salam. Kegunaan daun salam sudah terkenal dari jaman dulu sebagai bumbu penyedap masakan khas Indonesia. Baunya yang khas menjadikan makanan tercium harum dan menggoda untuk segera disantap. Biasanya yang digunakan untuk bumbu masak daun salam yang sudah kering tapi banyak juga daun yang masih segar sebagai bumbu masakan. Tapi tahukan Anda jika daun salam mempunyai banyak manfaat dan khasiat selain sebagai bumbu masakan.

Duan salam mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh, diantaranya flavonoid, tannin, dan minyak atsiri. Selain itu terdapat juga minyak esensial, ekstrak metanol, serta ekstrak etanol.


Berikut Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Mengobati Hipertensi
Memiliki kandungan flavonoida dan zat tannin yang cukup banyak, bekerja sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Caranya ambil 10 lembar daun salam, cuci bersih dan rebus dengan 3gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan1 gelas. Saring dan minim sehari sekali.

Mengatasi Asam Urat
Mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang membantu mengobati asam urat, dan menurunkan kadar asam urat pada sendi sehingga mengurangi rasa sakit. Caranya ambil 10 lembar daun salam yang sudah kering, cuci bersih dan rebus dengan 10 gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa 7 gelas. Diminum teratur untuk mempercepat penyembuhan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Memiliki kandungan vitamin C dan antidioksidan alami yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Caranya dengan menembahkan daun salam kedalam masakan, atau dapat disedu menjadi teh.

Obat Diet Alami
Bagi yang mempunyai masalah kelebihan berat badan, daun salam bisa dijadikan obat pelangsing alami karena daun salam memiliki kandungan serat dan enzim. Caranya siapkan 25-30 lembar daun salam, cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 2 gelas. Untuk mendapatkan hasil secara maksimal minum 2 kali sehari secara teratur.

Mengobati Diabetes
Daun salam berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti jamur serta anti bakteri. Antioksidan tersebut dapat membantu mengatasi diabetes. Caranya siapkan 10-15 daun salam yang masih segar cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Tunggu mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari.

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Daun salam juga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan gangguan perut. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di daun salam dapat memperlancar pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Caranya sediakan 10-15 lembar daun salam, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam, minum air tersebut saat Anda diare.

Sudah tahu kan sekarang manfaat dan khasiat daun salam. Bukan hanya sekedar bumbu harum masakan saja nieh. Selamat mencoba ea...
Semoga bermanfaat.... :)

dikutip dari berbagai sumber



0 komentar:

Posting Komentar