Jumat, 02 Januari 2015

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Edit Posted by with No comments
Nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguai. Di Indonesia sendiri sudah tersebar hampir ke semua pulau. Buah dengan pohon berduri ini mempunyai banyak sekali manfaat. Secara penampilan memang tidak begitu menyenangkan untuk dimakan ea tapi kandungan gizinya sangat banyak. 
 Selain enak dimakan secara langsung, bagi yang begitu kurang suka dengan nanas bisa dimakan dengan cara lain yaitu di jus, dibuat keripik, manisan, selai, rujak dan masih banyak lagi.
Apakah Anda salah satu penyuka buah nanas atau tidak suka nanas...?
Kita simak bareng yuk apa saja yang terkandung di dalam buah nanas.

Kandungan Buah Nanas
Buah nanas banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Juga mengandung magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serat, zat besi, enzim bromelain. Enzim bromelain ini berfungsi sebagai antiradang, membantu menghaluskan makanan dilambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya juga menyehatkan pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar bagi yang sembelit.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Mengobati Radang Tenggorokan
Kandungan vitamin C yang banyak dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang sering sekali menganggu aktifitas. Obat tradisionalnya dengan memakan buah nanas, bisa juga dijus atau diparut untuk diambil sarinya.

Mengatasi Flu dan Demam
Vitamin C memang sangat cocok untuk penderita flu atau demam. Vitamin C mampu melawan virus penyebab flu. Nanas mampu membantu melancarkan hambatan yang ada di tenggorokan sehingga flu dan batuk lekas sembuh.

Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat dan vitamin C nya dapat membantu melancarkan sembelit. Selain itu enzim protease yang terkandung dapat menghancurkan protein dalam tubuh.

Mengatasi Perut Kembung
nanas mengandung enzim bromealin yang membantu melumatkan makanan dilambung. Perut kembung disebabkan karena kelebihan gas pada saluran pencernaan lambung dan usus. Minumlah jus nanas sebelum makan agar lambung terasa lebih baik.

Membantu Menyuburkan Rambut
Kandungan senyawa crystine dapat membantu menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Selain itu dapat membantu proses pembentukan kulit rambut dan memperlambat proses penuaan.

Mengatasi Peradangan di Kulit
Peradangan kulit bisa dilihat dari kulit yang kurang sehat seperti bersisik atau mengelupas. Caranya sediakan buah nanas yang masak setelah itu diparut dan hail parutanya dioleskan pada kulit yang sakit. baik dilakukan dimalam hari sebelum tidur dan dicuci keesokan harinya.

Mengobati Cacingan
Caranya kupas nanas lalu cuci sampai bersih, kemudian bilas dengan air yang masak. Nanas diparut kemudian diperas diambil sarinya. Minum sedikit demi sedikit bagi yang terkena cacingan.

Mengobati Hipertensi
 Kandungan kalium pada nanas sangat baik penderita hipertensi. Kandungan serat didalamnya membantu mencegah lemak terserap di saluran pencernaan. biak dikonsumsi setiap hari.

Harus Diingat...
  • Ibu hamil dilarang memakan nanas muda, karena nanas muda perpotensi sebagai obortivum., yaitu sejenis obat untuk menggugurkan kandungan.
  • Bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah yang satu nie, karena nanas yang masak mengandung kadar gula yang tinggi
  • Penderita rematik disarankan untuk membatasi mengkonsumsi nanas. Dalam saluran cerna, nanas terfermentasi menjadi alkohol dan memicu kekambuhan rematik gout.
Semoga bermanfaat... :)


Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar