Rabu, 28 Januari 2015

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Edit Posted by with No comments


Buah Tomat. Pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan buah yang merah merona ini. Merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Menurut kalian tomat termasuk buah atau sayuran hayooo..? Apapun itu pastinya tomat adalah makanan yang mengandung banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh kita.

Tak sulit untuk menemukan buah tomat, selain dipasar ditoko-toko pun banyak yang menjual ada juga yang ditanam sendiri di pekarangan rumah. Harganya sangat murah, selain enak dimakan secara langsung tomat biasanya di jadikan bumbu untuk memasak. Seperti sayur asem, sup, sambal tomat, lalapan, saus tomat, dan yang lainya. Tak heran tomat sering kita dijumpai waktu didapur atau didalam kulkas. Tak jarang juga dijadikan sebagai minuman jus, hmmm...seger :D

Selain untuk kesehatan, peran tomat juga sangat penting untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit serta untuk mengecilkan pori pori. Semua itu tak lepas dari kandungan nutrisi didalam tomat.
Tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, B6, kalium, kalsium, folat, mangnesium, fosfor, lemak jenuh, asam malat, asam sitrat, protein, natrium, besi, niacin, likopen, kalori maupun kolesterol, serta kandungan air yang relatif tinggi.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Menyehatkan Mata
tomat dipercaya dapat membantu meningkatkan daya pengelihatan. Vitamin A yang cukup dalam tomat mampu memperbaiki pengelihatan dan mencegah rabun senja.

Pencegah Kanker
Kandungan likopen dalam tomat mampu mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Selain itu kandungan vitamin A dan C serta antioksidan berperan aktif dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Menyehatkan Pencernaan
Tomat kaya akan serat yang diperlukan oleh tubuh. Dengan tercukupinya serat makan pencernaan senantiasa sehat dan mencegah terjadinya wasir atau sembelit.

Menyehatkan Kulit
Kandungan beta karoten dalam tomat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu likopen berperan aktif untuk melindungi kulit akibat sinar UV penyebab kerutan pada kulit

Menghilangkan Jerawat
Kandungan Vitamin A dan C dalam tomat dapat membantu mengobati jerawat pada kulit. Selain itu tomat juga banyak mengandung asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Bisa dijadikan masker atau dengan menggosokan tomat kebagian kulit yang terkena jerawat.

Membantu Menguatkan Tulang
Kandungan vitamin K dan kalsium sangat baik untuk membantu tulang tetap kuat. Hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

Mengobati Sariawan
Sudah tahu kan kalau penyebab sariawan adalah kurangnya vitamin C. Tomat mengandung vitamin C lebih tinggi dari jeruk. Cukup dengan beberapa potong tomat lalu oleskan dibagian yang terdapat sariawan, bisa juga dibuat campuran masakan

Menurunkan Berat Badan
Bagi yang sedang menjalani ritual diet, tak ada salahnya jika menambahkan tomat sebagai menu harian. Tomat tidak mengandung lemak, kaya protein dan karbohidrat serta mengandung banyak air dan serat. Nutrisi tersebut berperan penting dalam masalah berat badan. Jangan lupa imbangi dengan olahraga cukup.

Sudah tahu kan manfaat buah tomat untuk kesehatan. Jangan bosen untuk menjadikannya menu disetiap makanan eah...
Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat... :) :)

dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar