Rabu, 28 Januari 2015

Daun Cincau Perdu untuk Kesehatan

Edit Posted by with No comments
Cincau. Siapa yang suka cincau...? saat cuaca panas seperti nie enaknya minum yang dingin dingin seger untuk melepas dahaga,,,es cincau es cincau siapa yang mau...dah persis seperti jualan es nieh... :-)
Pastinya sudah pada tahu ea cincau itu seperti apa, yang warnanya hitam ada juga yang hijau seperti agar-agar, yang selalu ada dikulkas saat bulan puasa sebagai menu berbuka minuman segar campur cincau..hmmm segeeer...

Kata Cincau berasal dari dialek Hokkian Sienchau ( xiancau ) yang dilafalkan dikalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Arti cincau sendiri menurut bahasa asalnya adalah nama tumbuhan ( Mesona sp )yang menjadi bahan utama pembuatan jeli untuk minuman/sirup.
Daun Cincau Perdu ( Melasthoma Polyanthum ) adalah jenis tanaman perdu, untuk menghasilkan cincau daunnya diolah dengan cara peredaman akan terbentuk gel atau agar-agar. Daun cincau terdiri dari beberapa macam, yaitu :
  • Cincau Hitam yaitu tumbuhan dari genus Mesona, terutama M.Procumbens, M. Chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina atau M. palustris yang banyak digunakan di Indonesia yang menghasilkan cincau hitam, yang biasanya disebut dengan janggelan.
  • Cincau Hijau yaitu Cylea Barbata Myers tumbuh merambat daun berwarna hijau pucat dengan bulu halus diatas permukaannya. Menghasilkan cincau berwarna hijau, selain itu cincau hijau mengandung zat anti protozoa, tetrandine, suatu alkaloid, khususnya penyebab malaria Plasmodium Falciparum
  • Cincau Perdu atau Melasthoma Polyanthum
Dari ketiga jenis cincau diatas salah satunya ada dikebun belakang rumah.. :-) yaitu cincau perdu, sengaja ditanam karena tanaman ini mempunyai banyak manfaat serta bisa diolah sendiri.
Selain itu daun cincau memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti Vitamin A, B1, C, fosfor, kalsium, karbohidrat, zat besi, protein, kalori, serat serta lemak.

Cincau memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat tinggi, selain itu seratnya sangat baik untuk pencernaan. Penasaran dengan manfaatnya...? kita simak bareng yuuuck....

Manfaat Cincau Perdu Untuk Kesehatan
 

Mengobati Sakit Perut & Hipertensi
Caranya ambil daun cincau secukupnya cuci bersih. Kemudian tumbuk halus atau diremas remas dengan menggunakan air matang. Kemudian disaring, tunggu beberapa menit hingga mengental seperti agar-agar. Tambahkan gula aren atau gula kelapa dan santan, bisa juga dimakan secata langsung.

Mencegah Kanker
Cincau ternyata bisa mencegah penyakit kanker atau tumor. Karena daun cincau mengandung alkaloid dan isokandrodendin yang dipercaya dapat mencegah kanker atau tumor. Selain itu bisa juga untuk mencegah terjadinya perandangan.

Mengobati Demam
Caranya ambil akar cincau secukupnya lalu cuci bersih. Setelah itu akar dipotong potong kemudian disedu dengan air panas atau bisa juga direbus. Kemudian disring dan diminum selagi masih hangat.

Manfaat Lain
Khasiat serta manfaat daun cincau yang lain yaitu menyejukan perut, mengobati gangguan pencernaan, menekan kadar kolesterol, mengobati sariawan serta bisul.

Tak menyangka eah jika cincau mempunyai banyak manfaat selain untuk dibuat minuman. Sekarang juga sudah banyak minuman dengan rasa cincau,,,banyak banyak minum ea biar perut jadi adeeem... :)
Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat... :)

Dikutip dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar