Senin, 16 Maret 2015

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Edit Posted by with No comments
Madu..sejak dahulu kala jamannya nenek moyang kita madu sudah terkenal dan digunakan sebagai pengobatan dan kecantikan. Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah atau serangga lain dari nektar bunga yang menyerupai sirup kental dan rasanya manis. Rasa manis madu ditimbulkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dan memiliki rasa manis yang menyerupai gula.

Madu memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Sudah banyak produk - produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu ekstraknya. Madu juga bisa langsung dikonsumsi bisa dibuat minuman hangat, selai, gula alami, dan sesuai selera masing - masing.

Meski manfaat madu bukan rahasia lagi, untuk yang belum mengetahuinya pasti penasaran apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh...? Simak bareng yuuuk...

Manfaat dan Khasiat Madu
  • Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan. Kandungan antibakteri pada madu dapat melawan bakteri penyebab randang dan membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan.
  • Antioksidan. Mengandung antioksidan yang cukup tinggi membantu tubuh dari serangan radikal bebas dan membuat tubuh terhindar dari penyakit.
  • Mencegah Kanker. Kandungan flavonoid pada madu serta antioksidan yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung.
  • Obat Luka dan Borok. Sejak dahulu madu dikenal sebagai obat penyembuh luka.
  • Sumber Energi. Madu memiliki kandungan karbohidrat murni yang bisa memberikan energi pada tubuh.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga tubuh terhindar dari radikal bebas. Tubuh akan kebak terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit serta untuk melengkapi nutrisi yang kurang pada tubuh.
  • Menurunkan Glukosa dan Kolesterol Darah. Meski lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik yang rendah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Mineral dan vitamin alami madu membantu menurunkan kadar LDR (lemak jahat).
  • Menyehatkan Kulit. Asam glukonat dan asam organik yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel - sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput, garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan gula dan asam amino membantu melembabkan kulit.
  • Merangsang Pertumbuhan Jaringan. Kandungan propolis, enzim, serbuk sari, vitamin, dan mineral pada madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru serta empercepat penyembuhan luka.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan. Rutin mengkonsumsi madu setiap hari baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah selulit.
  • Menghilangkan Jerawat. Jika bermasalah dengan noda jerawat, cukup oleskan madu alami pada kulit yang terdapat jerawat. Diamkan selama kurag lebih setengah jam dan bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin agar jerawat cepat kabur.
  • Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan gula pada madu dapat membantu melembabkan bibir kering dan pecah-pecah.
  • Mencerahkan Rambut.
Banyak sekali manfaat madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Jangan ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari ea kawan..
Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat.. :) 

Dikutip dari berbagai sumber
Gambar : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar