Jumat, 27 Maret 2015

Jambu Kristal

Edit Posted by with No comments

Sering kali kita makan buah jambu tapi kadang kurang mengerti kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. Bener ga...? yang tahu cuma rasanya manis enak gituu...hehehee *termasuk saya :D 
Kebanyakan dibuat jus ea atau membeli minuman kemasan rasa jambu biji alias guava, padahal makan jambu biji secara langsung lebih enak lhoo.

Jambu Biji adalah jenis buah yang menjadi varian dari jambu-jambuan. Yang sering kita tahu dengan nama jambu klutuk ini adalah jenis tanaman tropis yang berasal dari Brazil dan disebarkan di Indonesia melalui tetangga kita Thailand. Kulit Jambu berwarna hijau dan daging buahnya ada yang berwarna merah serta putih. Walaupun beda warna tapi rasanya tidak ada perbedaan dari rasanya yang manis ke asam-asamnan serta sama-sama mengandung banyak Vitamin C.

Jambu biji sendiri terdiri dari beberapa macam diantaranya ada jambu bangkok, jambu sukun, jambu tanjung barat, jambu merah, jambu kristal, dll.
Banyak dari teman-teman pasti sudah menikmati lezatnya jambu biji kristal ea. Rasa buahnya manis, lembut, renyah dan istimewanya hampir tak berbiji. Bukan berarti tanpa biji tapi jumlah bijinya kurang dari 3% dari daging buah. Bisa dibilang bijinya bisa dihitung pake jari.. :-) Bentuknya seperti nuah pir berwarna hijau dan ada juga yang dikemas seperti buah pir.
Sekarang sudah banyak dijumpai dipasar-pasar tradisional dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan jambu biji jenis laninnya.

Selain lezat jambu kristal juga mempunyai peran penting untuk kesehatan tubuh, serta menjadi pelengkap nutrisi untuk tubuh kita. Berbagai kandungan nutrisinya antara lain Vitamin A, C, E, karbohidrat, potasium, air, serat, protein, kalsium, dll. kandungan Vitamin C pada Jambu Kristal 5 kali lebih banyak dari jeruk dan 8 kali lipat dari lemon lho...Buahnya manis kaya Vitamin C pula, hebat bukan.

Kita simak yuk...
Manfaat Jambu biji Kristal untuk kesehatan tubuh
  • Mengobati radang tenggorokan. Kaya akan Vitamin C menjadikan buah ini perperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Mempunyai sifat anti infeksi yang bisa mempercepat proses pemulihan radang tenggorokan. Baik untuk dikonsumsi setiap hari.
  • Mengobati Diare. kandungan astrigens dapat membantu membalut perut longgar saat diare. Zat ini bersifat anti bakteri sehingga membantu menyembuhkan disentri dan menghilangkan lendir yang berlebih pada usus. Vitamin C dan kalium dapat menyehatkan sisitem pencernaan.
  • Mencegah Kanker. Vitamin C berkombinasi dengan flavonoid menjadikan buah ini memiliki antioksidan yang tinggi yang berkemampuan memperlambat zat penyebab sel kanker.
  • Membantu mengobati diabetes. Selain pencegah kanker jambu kristal juga dibutuhkan oleh tubuh untuk meminimalisir kadar gula dalam darah pemicu diabetes.
  • Menyembuhkan Demam Berdarah. sudah sering dengar mungkin ea jambu biji bisa untuk membantu menyembuhkan demam berdarah. DBD membuat trombosit menjadi rendah, jus jambu biji difungsikan sebagai penyuplai cairan yang banyak terkuras akibat penurunan kadar trombosit.
  • Sistem Kekebalan Tubuh. Vitamin C nya yang kaya dapat meningkatkan sistem imun serta melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit.
Nah, sangat bermanfaat, bukan. Rasanya lezat untuk kesehatan juga Mantap. harganya juga sangat terjangkau serta mudah ditemukan. jangan ragu untuk menjadikan buah ini menjadi menu baru harian teman-teman eah..

Semoga bermanfaat.. :-)

Dikutip dari berbagai sumber
gambar : Sukahaji


0 komentar:

Posting Komentar