Jumat, 26 Desember 2014

Pepaya Kaya Manfaat

Edit Posted by with No comments
Yang belum tahu pepaya berarti bukan makhluk bumi...hohoho
Tanaman tumbuh di banyak tempat, disekitar rumah, dipekarangan, dikebun, disawah, bahkan dipinggir jalan.Kebanyakan tumbuh secara liar dan tak jarang juga yang dibudidayakan.Pepaya mempunyai buanyaaaak manfaat, tapi tak banyak orang yang menyukainya bahkan mengabaikan beberadaannya... ;( selain buah daun dan juga bunganya juga tak kalah bermanfaatnya.
Kita simak bareng yuuuuck...
 












Pepaya merupakan tumbuhan yang berasal dari Mexico dan bagian utara dari Amerika Selatan. Sekarang sudah banyak ditemukan didaerah tropis, di Indonesia buanyak banget sudah tersebar diseluruh pulau.. :D
Meskipun buahnya mudah didapat dan harganya murah, tapi jangan mengabaikannya. Banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Jenis Pepaya
  • Pepaya Jantan. Dikenal juga dengan pepaya gantung. Pepaya ini mempunyai bunga majemuk yang bertangkai panjang dan bercabang. Kadang kadang menghasilkan buah tapi buahnya kecil tak menghasilkan biji. Biasanya hasil buahnya disayur atau dijadikan sebagai obat tradisional, dan bunganya juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.
  • Pepaya Betina. Pada satu tangkai terdapat beberapa bunga,bunga yang besar akan menjadi buah. Memiliki buah yang besar dan bulat. Biasanya terus berbunga sepanjang tahun.
  • Pepaya Banci/Sempurna. Disebut juga hermafrodit yaitu memiliki kelamin ganda. Mempunyai bakal buah dan benagsari yang bisa melakukan penyerbukan sendiri. Bentuk buahnya oval,dapat menghasilkan buah lebih banyak dan lebih besar. Biasanya pepaya jenis ini yang disukai dab dibudidayakan.
Manfaat Pepaya
  • Kesehatan Mata. Pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Baik dikonsumsi setiap hari
  • Mengatasi gangguan pencernaan. Mengandung serat dan enzim papain yang membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Serta kandungan antidioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membawanya pada saluran pembuangan.
  • Kesehatan Kulit. Mempunyai peran aktif terhadap kecantikan dan kesehatan kulit. Mengandung vitamin A,C, dan E yang sangat baik untuk melembabkan kulit dan membantu mencerahkan dan mengembalikan kulit kusam menjadi cerah alami.
  • Meningkatkan kekebalan Tubuh. Jika tiba tiba badan terasa tidak enak seperti terkena demam, flu, meriang tak perlu khawatir. Pepaya yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.
  • Mengobati Luka. Selain buah, kulit serta getah pepaya juga mempunyai manfaat. Jika tergores atau terjadi iritasi pada kulit bisa diobati dengan getahnya. Ampuh juga untuk luka bakar seperti terkena knalpot. Oleskan getah pepaya pada luka dan diam kan beberapa saat, luka akan mengering.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal. Biji pepaya mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Biji mengandung flavonoid dan phenotic, zat aktif yang berperan penting untuk kesehatan ginjal
  • Mencegah kanker. Buah pepaya kaya akan antidioksidan yang mampu untuk melawan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.
  • Obat Jerawat. Daun pepaya yang ijo seger-seger merupakan obat jerawat tradisional yang ampuh. Bila jerawat mulai meradang segera ambil beberapa helai daun pepaya kemudian ditumbuk dan dibuat masker dan setelah 20-30menit bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin 2 x sehari.
  • Obat Sakit Gigi. Cukup mudah, teteskan getah daun pepaya muda dengan menggunakan kapas pada gigi yang sakit. Getah tersebut dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.
 Begitu banyak kan manfaat akan pepaya. Sangat mudah untuk menemukan buah ini, murah meriah juga harganya. Tetep jaga kesehatan tubuh ea..
Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar