Jumat, 30 Oktober 2015

Menelusuri Hutan Wisata Tahura Karanganyar

Edit Posted by with 3 comments
Cuaca panas gini mungkin lebih syahdu kali ea kalau mbolang ketempat yang sejuk-sejuk adem. Saat ini bener - bener loooong summer belum ada tanda-tanda hujan turun. Hari libur saatnya mbolang nie refresing supaya besuk semangat kerja lagi. Mbolang disekitaran kota ajah selain deket juga ngirit (*ngirit ongkos ma bbm :D ) tapi pemandangan tak kalah indah lho..

Taman Hutan Raya atau yang sering disebut Tahura adalah satu dari sekian tempat wisata yang ada di Kota Karanganyar. Terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Lebih tepatnya dibelakang Candi Sukuh sekitar 400 m dilereng Gunung Lawu. Kita harus melewati Candi Sukuh terlebih dahulu untuk sampai di Tahura. Seperti biasa sebelum masuk lokasi wisata mampir ke loket tiket dulu. Tiket masuk seharga Rp 5.000 sudah termasuk parkir dan masih mendapat stiker serta brosur atau apa nie yak :-? kurang murah apalagi coba hehehe

Setelah memasuki gerbang barisan pepohonan pinus sudah melambai-lambai menyambut kedatangan setiap pengunjung. Hawa sejuk serta kabut sudah menjadi ciri khas di lereng gunung Lawu, karena Rey datengnya sudah siang jadinya panas dah, walaupun panas tapi udara tetep mak nyeess adeeem.

area bermain
Wisata Lainnya : Candi Sukuh

Tahura atau lengkapnya Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunegoro 1 dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura). Wilayahnya sendiri sangat luas yaitu sekitar 231,3 ha dikaki Gunung Lawu. Selain hutan Tahura juga menawarkan pesona wisata lain seperti wisata satwa, wisata berkuda, wisata menanam, camping ground, Outbond, area bermain, wisata alam, wisata religi, wisata memanah, wisata snapshoot serta keanekaragaman tumbuhan asli gunung Lawu. Hmmm...banyak banget kan, siapkan tenaga untuk menjamahi semua tempat ea :)
bingung mau kemana :-?
Fasilitas di Tahura juga sudah memadai seperti MCK, mushola, area parkir yang luas, serta disediakan villa bagi pengunjung yang ingin menginap. Terdapat juga area permainan yang cukup luas, cocok untuk yang berekreasi bersama keluarga. Selain itu juga terdapat jalur pendakian menuju puncak Lawu juga lho. Bukan hanya di Cemoro Kandang dan Cemoro sewu saja di Tahura juga terdapat jalur pendakian Gunung Lawu.
jalan terus saja..
Bagi yang gemar berjalan kaki atau yang sering hiking serta naik gunung pasti dengan semangat dan kuat menjelajah setiap situs wisata di Tahura. Karena Rey jarang olahraga (*alesan :D ) baru nyampe pos 1 saja sudah ngos-ngosan :-s kaya gini kug mau ikut mendaki gunung, yum nyampe seperempat perjalanan dah pingsan kale ea :D



















 Wisata lain nya : Candi Cetho

Hmmm....karena Rey dah lelah, nie temen juga langsung ngesot terkapar tak berdaya *lebay :-) akhirnya memutuskan untuk istirahat sajah sambil poto-potoh bersama pohon pinus. Karena nie lagi kemarau panjang pepohon yang mula nya hijau berubah jadi coklat, daunnya kering semak-semak pun ikut mengering. Gak dapat view ijo-ijo seger dah ;(















Setelah puas jeprat- jepret sana sini akhirnya turun dah. Berjalan dijalur menurun...hmmm lumayan menegangkan hehehe...Melelahkan tapi juga seru dan menyenangkan. Ga da bosen nya jika berekreasi disini banyak hal yang bisa dilakukan. Outbond, berkemah, hiking ataupun sekedar jalan-jalan menikmati panorama bersama keluarga, yang suka berolahraga pasti seneng nih muterin seluruh area.
tujuannya cari jalan pintas tapi malah ga bisa turun
Ketika perjalanan melewati Karanganyar jangan lupa mampir ea..
Selamat Berkunjung... (o) (o) 

3 komentar: