Selasa, 03 Februari 2015

Candi Prambanan Wisata Bersama Keluaraga

Edit Posted by with No comments
Candi Prambanan
Libur lagi nieh..
Sudahkah teman - teman menyusun acara untuk mengisi liburan? ingin jalan -jalan, berkunjung kerumah saudara, wisata, atau nonton tv ajah dirumah nieh... Kali nie rei bersama kelurga berwisata ke kota Yogyakarta salah satunya di Candi Prambanan. Sudah tahu kan sahabat semuanya dengan Candi yang cantik nie, sudah pernah berkunjung juga pastinya eah..

Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kompleks candi terletak dikecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan Klaten. Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia dan sekaligus Candi Tercantik di Asia Tenggara bahkan di Dunia. Woooooow...

Candi prambanan disebut juga Candi Roro Jonggrang karena terkait oleh sebuah legenda yang dulu diyakini oleh masyarakat jawa. Singkat Cerita, Legenda tersebut menceraitakan seorang pangeran bernama Bandung Bandowoso yang telah jatuh cinta kepada seorang putri bernama Roro Jonggrang. Sang Putri pun mengajukan syarat yang harus dipenuhi Pangeran Bandung Bandowoso yaitu dengan membuatkan nya 1000 candi / arca dalam waktu semalam. Pangeran pun menyanggupi persyaratan sang Putri. Saat malam itu Pangeran Bandung Bandowoso mendirikan candi  di bantu oleh makhluk halus/ jin, karena Roro Jonggrang takut permintaannya terpenuhi maka Roro Jonggrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi agar memancing ayam jantan berkokok yang menandakan fajar telah tiba.
Para Jin yang membantu pangeran pun pergi dan Pangeran melanjutkan untuk menyelesaikan sendiri. Tapi Bandung Bandowoso tahu kalau dicurangi, saat itu sudah menyelesaikan 999 candi dan selanjutnya bandung Bandowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi Candi ke 1000. Hmmm... termasuk cerita romantis atau sadis nie eah,,,? :-)

Struktur Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti yaitu Dewa Brahmana ( Dewa Pencipta ), Dewa Wisnu ( Dewa Pelindung ), dan Dewa Siwa ( Dewa Perusak ). Kompleks Candi ini disebut juga Siwagra yang berarti Rumah Siwa. Jadi tak heran jika Candi Siwa merupakan Candi terbesar dan Tertinggi dari candi yang lain. Setiap Candi utama memiliki satu candi pendamping, untuk Candi Siwa didampingi Candi Nandini, Candi Wisnu di dampingi Candi Garuda dan Candi Brahma didampingi candi Angsa.
:-)
Terdapat juga ukiran relief - relief disekitar dan dinding Candi. Di dalam candi pun ada terdapat arca-arca yang mempunyai banyak makna tentunya. Rei sendiri juga kurang begitu tahu, lebih lengkapnya silahkan mampir di wikipedia. :D 

:-)
Halaman Candi sangat luas, disini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Bukan dari domestik ajah, dari mancanegara pun tak kalah banyak. Kalau ingin Hunting2 turis di sini tempatnya. Tinggal pilih mau bule yang mana dan seperti apa...hehehehe :D
kakak & keponakan
Sebelum menuju lokasi beli tiket dulu, karena tempat parkir ma retribusi tiket lumayan jauh belum masuk sudah ngos-ngosan nieh... harga tiket lumayan terjangkau yaitu Rp 30.000 untuk umum dan Rp 20.000 untuk anak-anak. Silahkan dihitung sendiri kira-kira berapa kalau ingin membawa seluruh anggota keluarga. Setelah dapet tiket langsung dah meluncuuuur menelusuri Candi.
Jangan lupa ngeksis dulu alias poto-poto, kumat narsisnya. Walau muka dah kucel and kumut-kumut ora opo2... :D .Karena banyak sekali pengunjung jadinya eah ga bisa mendramatisir nieh waktu berfoto bacground foto banyak wayangnya alias banyak orang... :-) :-)
di depan candi siwa
nie juga
Ada yang takut panas ntar kulitnya item..? tenang saja ada jawa penyewaan payung yang dikhususkan bagi mereka yang tak ingin terkena sinar UV, mengingat cuaca juga panas bingit hadeeeh. Tapi tak menyurutkan semangat untuk berwisata dunk. Tetep lanjut....ingin melihat isi candi se masuk kedalam candi gitu tapi pada ga mau diajak..jadinya cuma nyengir diluar :-s 

Keliling-keliling kesana kemari, kalau cape rahat bentar terus jalan lagi. Waktu lagi rahat nemu bule cantik yang lagi potret memotret, kesempatan nieh ngeksist dulu dah ma bule, tau mau foto ma bule terus dikroyok dah ma saudara ngikut foto juga hadeeeeh... :-s Ok kita foto bareng...senyum..peaceeee..jepret
Jika tidak membawa Hp, tustel, DSLR, or media untuk memotret tak usah khawatir karena disana banyak yang menawarkan jasa foto yang langsung jadi, eh bisa dibilang kaya tukang foto keliling gitu.. :D tapi ea agak sedikit mahal Rp 20.000/foto kalau 3 foto Rp 50.000. Bawa camera sendiri saja ea supaya irit :-)
ngeksist ma turis :D
nie juga
Jika ingin tahu lebih banyak dan lebih dalam lagi tentang sejarah Candi prambanan, banyak yang menjual buku sejarah Candi harganya murah hanya Rp 2.000/buku. Ada juga buku tentang sejarah candi-candi lain yang letaknya di sekitar Prambanan seperti Candi Borobudur dll. Buat adik-adik yang masih sekolah bisa jadi buku tambahan untuk beajar sejarah... :)
Disepanjang jalan keluar Candi selain taman yang luas terdapat juga museum, taman bermain, tempat untuk beristirahat, dan juga pasaaar. Setelah muterin candi saat nya nerobos pasar. Kalau berwiasata rasanya tak afdol jika tak belanja oleh oleh khas. Ada banyak pedagang disini mulai dari makanan, minuman, pakaian, serta berbagai macam kerajinan. Harganya murah -murah lho..bisa ditawar juga kalau pinter menawar pasti dapat harga lebih murah... :)
pintu keluar candi
bye prambanan
Gimana teman-teman, tertarik untuk berwisata ke Candi Prambanan khusus bagi yang belum.. :)
Selamat Berkunjung... (o) (o)

0 komentar:

Posting Komentar