Kamis, 26 Februari 2015

Bayam Merah dan Manfaat

Edit Posted by with No comments
Bayam. Makanan utama popeye si pelaut ini memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Terbukti setelah makan bayam popeye menjadi kuat dan bisa mengalahkan brutos..hehehehe
Sayuran bayam tidak hanya dikenal dengan yang berwarna hijau saja namun ada pula bayam merah. Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan mudah tersebar didaerah tropis maupun subtropis diseluruh belahan dunia. Seperti yang kita tahu terdapat bermacam jenis bayam diantaranya bayam hijau, bayam duri, bayam tanah, bayam kakap, serta bayam merah. Bayam  merah sendiri ada 2 jenis yaitu bayam merah yang daun serta batangnya merah (blitum rubum) dan bayam yang daunnya kemerah-merahan tapi batangnya hijau (blitum album)

Meskipun tak sepopuler bayam hijau, bayam merah juga memiliki banyak kandungan zat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Zat kimia yang terkandung didalam bayam merah adalah karbohidrat, lemak, protein, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, vitamin A,B, dan C. Baik untuk disajikan sebagai menu hidangan setiap hari. selain disayur dapat juga ditumis, urap, lalapan, dsb

Manfaat Daun Bayam Merah

  • Bayam merah baik untuk menjaga sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi, melancarkan buang air besar, serta menyehatkan pencernaan.
  • Bayam merah baik untuk meningkatkan kinerja ginjal, mencegah anemia, baik untuk penderita diabetes, kolesterol tinggi serta penderita kanker usus besar.
  • Akar bayam merah berkhasiat sebagai disentri, menghentikan diare dan sebagai obat demam berdarah. 
  • Selain itu daun bayam merah juga berkhasiat untuk membersihkan darah nifas sehabis melahirkan, mencegah rambut rontok dan mengobati luka akibat gigitan serangga.


Banyak sekali ea manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Selain enak juga berkhasiat. Bagi yang gemar berkebun sisihkan sedikit tempat dikebun atau dipekarangan rumah untuk menanam bayam.

Semoga bermanfaat...
Selamat mencoba... :)

dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar