Selasa, 10 Februari 2015

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Edit Posted by with No comments
Jika sebelumnya Rei sudah bercerita alias curhat tentang kisah memelihara ikan hias, sekarang Rei ingin berbagi lagi tentang ikan (bukan curhat lagi) :-) yaitu jenis ikan air tawar. Kenapa air tawar...? karena jika air laut akan susah nanti sahabat peliharanya secara kan rumahnya jauh dari laut semua kecuali yang tinggal di daerah pesisir :D. Yups ikan air tawar bisa hidup dimana ajah bisa disungai, didanau, dirawa, ada pula yang digot-got, kecuali di laut lho ea..

Sekarang yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias adalah ikan hias air tawar, karena perawatannya yang lebih mudah dan murah serta mudah pula dibudidayakan dibandingkan dengan ikan hias air laut. Indonesia memiliki berbagai jenis ikan hias yang sangat beragam. Menurut data Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Indonesia memiliki species ikan hias air tawar diperkirakan sejumlah 400 species dari 1.100 species.

Bagi yang kurang suka dengan ikan pasti memelihara ikan merupakan suatu hal yang biasa, tapi bagi pecinta dan penggemar atau bagi yang sekedar hobby, memelihara ikan hias adalah suatu kesenangan tersendiri. Selain sebagai penghias dekorasi ruangan, melihat ikan-ikan cantik yang berenang dengan gemulai kesana kemari didalam akuarium dapat memberikan ketenangan dan sensasi tersendiri. Bisa dijadikan obat ketika kita lagi jenuh,lelah, galau ataupun stres. Curhat ajah ma ikan hias yang ada diakuarium, selain melihat ika kita juga bisa mendengarkan bunyi gelembung-gelembung udara yang dihasilkan oleh aerator. Menyenangkan bukan...?Bahkan beberapa orang percaya kalau memelihara jenis ikan tertentu dapat mendatangkan rezeki atau hoki.

Hmmmm...kemudian ikan apa sajakah yang cocok untuk dipelihara dirumah...? Berikut adlah jenis ikan hias air tawar yang paling banyak digemari pecinta ikan hias di Indonesia.

1. Ikan Koki
Ikan Koki masih sekelurga dengan ikan mas, sering disebut juga dengan ikan mas koki. Menurut kabar ikan ini dulunya berasal dari Cina dan berkembang di Jepang. Dan sekarang sudah banyak dijumpai berbagai jenis ikan koki di Indonesia dengan banyak ragam dan jenisnya. Bentuknya yang imut serta warna-warnanya yang khas dan cantik membuatnya banyak digemari hingga sekarang.

2. Ikan Arwana
Ikan Arwana merupakan salah satu ikan asli Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Jenis arwana ini mempinyai banyak nama seperti ikan naga, ikan payung, kalasa, khayangan, kalikasa, siluk dan silok.
Ikan Arwana merupakan ikan hias yang harganya terbilang tinggi mencapai jutaan rupiah terutama untuk jenis-jenis tertentu.

3. Ikan Koi
Ikan koi pertama diperkenalkan di negeri Sakura. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dengan kombinasi warna yang sangat cantik. Ikan koi memerlukan ruang gerak yang luas dan bebas sehingga lebih cocok jika dipelihara didalam kolam bukan diakuarium.

4. Ikan Cupang
ikan Cupang merupakan ikan yang berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Habitat aslinya dirawa-rawa didaerah tropis. Ikan ini sanggup hidup di volume air sedikit minim oksigen. Bisa dipelihara dibotol atau toples kecil tanpa menggunakan gelembung udara (aerator)
Ikan Cupang dipelihara sebagai ikan hias dan aduan. Ikan ini termasuk ikan yang agresif tapi tetep cantik dengan siripnya yang panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh tertutupi sirip serta warnanya yang beraneka ragam.

5. Ikan Komet
Ikan Komet bentuknya seperti ikan mas, dan merupakan ikan hias yang banyak penggemarnya di Indonesia. Setiap berkunjung ke pasar atau toko ikan hias pasti menemui ikan ini. Ikan komet mempunyai gerakan yang lincah serta warnanya yang indah. Selain itu mudah pemeliharaannya.

6. Ikan Manfish
Ikan Manfish sering disebut juga dengan nama Ikan Angelfish karena memiliki bentuk yang cantik dan menarik. Bentuknya pipih seperti anak panah, seperti layang-layang serta mempunyai warna yang bervariasi. Ikan ini sangat kalem terlihat seperti sedang melayang dan bergerak hanya seperlunya saja.

7. Ikan Lou Han
Ikan Lou Han atau dalam bahasa inggris bernama Flowerhorn. Ikan ini memiliki keunikan yaitu terdapat benjolan dikepalanya yang khas serta memiliki warna yang tampak menyala. Ikan Louhan memiliki sifta agresif dan merupakan ikan predator.

8. Ikan Discus
Ikan yang berasal dari perairan Amazon ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Disebut discus karena bentuknya terlihat seperti piringan (Disc) dengan berbagai macam warna yang cantik. Ikan ini sangat tenang serta memiliki gerakan yang lembut gemulai.

9. Ikan Guppy
Ikan Guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, ikan ini sangat mudah beradaptasi dan penyebarannya cepat. Memiliki tubuh mungil dengan warna-warnanya yang unik membuat ikan guppy banyak digemari. Selain mudah pemeliharaannya ika nin juga mudah dikembangbiakkan.

10. Ikan Sapu-Sapu
Pasti sudah tak asing lagi kan dengan ikan yang satu nie. Yups ikan sapu-sapu merupakan ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis. Ikan ini dikenal sebagai ikan pemakan lumut/alga dan sangat terkenal sebagai ikan pembersih akuarium. Ikan yang satu nie memiliki hobby menembel didinding akuarium dan dapat berteman dengan ikan akuarium apa saja. Jika sahabat berada dipasar ikan disetiap akuarium pasti terdapat ikan sapu-sapunya...

Gimana sahabat..tertarik untuk memelihara ikan hias dirumah kalian...? pasti menyenangkan dah dapat temen tambahan dirumah, atau ditaruh dikamar untuk temen bubug... :D
Selamat mencoba... (o) (o)

Dikutip dari berbagai sumber
image: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar