Minggu, 07 Desember 2014

Ikan Lele

Edit Posted by with No comments
Terinspirasi oleh para tetangga... :-)
Akhir - akhir ini tetangga  q disibugkan oleh kegiatan baru yaitu memelihara ikan lele. Mereka yang tinggal di depan, samping serta belakang rumah q beramai ramai menggali tanah mereka untuk membuat kolam alias blombang. Karena rumah q ga buat jadinya ea melihat ajah dah siapa tau nanti di kasih ikanya...ngarep deh :D

ukeey inilah dia si ikan lele...

image from wiki


lele sangat memasyarakat, sangat mudah untuk bisa menemukanya. Lele hidup di air tawar, bisa juga di rawa - rawa, disawah yang berlumpur, di waduk, di kolam tetangga dan yang paling mudah lagi pencarianya yaitu di pasar terdekat... :-) asal jangan nyari lele dilaut ga bakal ketemu nanti...

menenal ikan lele
Ikan lele termasuk ikan dari keluarga clarias, tubuhnya halus mulus licin serta tumbuh memanjang, tak punya sisik pastinya. Siripnya ada dipunngung memanjang sampai ke ekor, kepalanya lonjong dan keras dibagian atasnya. Matanya sipit mulutnya lebar dan ciri khasnya yaitu sungut atau kumis kumisnya yang panjang berfungsi untuk berenang di kegelapan,,sukanya yang gelap"ea ikanya.
Ikan lele juga mempunyai alat pelindung diri yaitu sepasang patil, merupakan duri tulang yang tajam terletak di bagian siripnya.So. hati - hati saat menangkap lele awas kena patilnya.. :-)

Nama - nama ikan lele
Semua sudah tahu kalau indonesia beragam suku dan bahasa,setiap daerah mempunyai keaneka ragaman tersendiri. Begitu juga Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tak perlu heran jika Lele mempunyai banyak nama diberbagai daerah, berikut nama namanya:
  • ikan kalang (Sumatera Barat),
  •  ikan maut (Gayo), 
  • ikan seungko (Aceh), 
  • ikan sibakut (Karo), 
  • ikan pintet (Kalimantan Selatan), 
  • ikan keling (Makasar), 
  • ikan cepi (Sulawesi Selatan), 
  • ikan lele atau lindi (Jawa Tengah), 
  • ikan penang ( Kalimantan Timur )
 Peran Lele
  • Budidaya 
Sebelumya lele dikenal dengan ikan yang hidup di alam bebas dan liar tapi bukan buas... :D
sekarang sudah banyak masyarakat yang membudidayakan ikan lele, atau sekedar memelihara untuk dikonsumsi sendiri. Pembudidayaan lele cukup mudah dan tergolong murah, tak perlu empang serta lahan yang luas, cukup dengan kolam kecil dihalaman rumah sudah bisa. Tapi jika ingin mengembangkan usaha budidaya yang besar maka diperlukan tempat yang luas pula. Kebanyakan didesa - desa tempat ku tinggal kolam mereka menggunakan terpal, ada juga yang dipermanen dan tak jarang juga yang kolamya masih tanah...mungkin karena udah terbiasa hidup dilumpur kalee ea... :-)
  •  Konsumsi
Siapa yang ga suka lele..angkat kaki... :D
Pastinya banyak yang suka ea...ibu ibu kalian pasti sering masak lele, selain harganya murah juga terdapat banyak dipasar tak sulit untuk menemukanya. Ga hanya di dalam negeri di luar negeri sana ikan lele juga terkenal.
Ikan lele dapat di olah menjadi berbagai macam menu hidangan. Bisa digoreng biasa, digoreng tepung, di rebus, dipepes, dibuat sambal dan banyak diantaranya yang diolah jadi makanan ringan seperti keripik lele...jadi laper law ngomongin makanan nih :-s
Selain mengandung protein dan karbohidrat Ikan lele mengandung vitamin D yang cukup tinggi, serta memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang rendah dan omega-6 yang ckup tinggi. Nah cukup bergizi kan untuk kesehatan.
Selamat mencoba...




0 komentar:

Posting Komentar