Rabu, 03 Februari 2016

Berbagai Manfaat daun Kenikir

Edit Posted by with No comments
Daun Kenikir
Sering kita ketahui kalau daun kenikir adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan di kehidupan sehari - hari sebagi lalapan, urap - urapan  kalau dijawa sering disebut gudangan, trancam, serta pecel. Daun nya berjari - jari, bau nya harum agak sengir dikit ini sangat enak disajikan dengan baluran sambal kacang atau yang sering disebut pecel..jadi ngiler heheehe

Di musim penghujan ini, banyak sekali daun kenikir tumbuh di kebun rumah. Sering banget di petik Ibu buat campuran lalapan. Saking banyaknya para tetangga juga ikut memetik untuk dijadikan olahan masakan. Setahunya se hanya sayuran sederhana, tapi setelah melihat postingan kalau daun kenikir bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit, jadi kepo nih searching manfaat dari daun kenikir :-) 

Karena dikebun banyak terdapat daun kenikir, Rei ikutan posting manfaat daun kenikir yang Rei ambil dari berbagai sumber.
Kandungan yang terdapat pada daun kenikir diantaranya flavonoid, polifenol, kalsium, vitamin A, mineral, saponin, terpenoid, tokoferol, karbohidrat, magnesium, serta minyak atsiri. Semuan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga dan memberikan manjaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kenikir
Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan
Sebagai Obat Anti Kanker
Kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid serta antioksidan mampu melawan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker hati, dan kanker lambung. Pengobatanya dengan cara meminum rebusan air daun kenikir secara rutin. Daunya juga bisa dijadikan sebagai lauk hehe

Mengobati Lemah jantung
Kandungan antioksidan serta flavonoid pada daun kenikir sangat baik untuk membantu memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak. Bermanfaat pula untuk memperlancar aliran darah di area jantung. Caranya sama yaitu dengan meminum rebusan daun kenikir secara teratur 2x sehari.

Sebagai Obat Maag
Kandungan polifenol, tokoferol sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga mampu menguatkan otot sphingter lambung yang berfungsi untuk menerima berbagai asupan makanan yang masuk ke lambung.

Sebagai Obat Gondongan
Gondongen adalah membengkaknya kelenjar parotid karena inveksi virus. Kandungan polivenol dan tokoferol bermanfaat untuk meredakan peredangan akibat gondongan. Caranya yaitu dengan menumbuk daun kenikir hingga halus, ditambah dengan sedikit cuka dan dioleskan diarea gondongan.

Menguatkan Tulang
Kandungan senyawa kalsium, magnesium serta mineralnya yang cukup tinggi mampu untuk membantu pertumbuhan tulang. Selain mendapatkan tubuh sehat juga tulang yang kuat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin A, dan E pada daun kenikir dapat menjaga dan memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh.Selain itu juga bisa untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Obat Cuci Darah
Kandungan Vitamin A, E, antioksidan, serta flavonoid dapat bermanfaat untuk membersihkan dan menetralkan racun dalam darah. Mengkonsumsi secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Itulah berbagai manfaat daun kenikir yang bermanfaat untuk tubuh kita. Sayuran yang sederhana ini ternyata mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Selain harganya murah juga mudah didapat. Menanamnya juga mudah jika kawan punya kebun atau pekarangan sendiri di rumah cukup taburkan saja benihnya, siram dengan air akan tumbuh dengan sendirinya.

Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat (o)

0 komentar:

Posting Komentar